Berkunjung Ke Masjid Xi'an, TERBESAR dan TERTUA, saksi sejarah Islam di CHINA

Berkunjung Ke Masjid Xi'an, TERBESAR dan TERTUA, saksi sejarah Islam di CHINA - Hallo sahabat PORTAL ISLAM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berkunjung Ke Masjid Xi'an, TERBESAR dan TERTUA, saksi sejarah Islam di CHINA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Islam, Artikel Kabar, Artikel Muslim, Artikel Politik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berkunjung Ke Masjid Xi'an, TERBESAR dan TERTUA, saksi sejarah Islam di CHINA
link : Berkunjung Ke Masjid Xi'an, TERBESAR dan TERTUA, saksi sejarah Islam di CHINA

Baca juga


Berkunjung Ke Masjid Xi'an, TERBESAR dan TERTUA, saksi sejarah Islam di CHINA

Masjid ini menjadi salah satu saksi sejarah tertua dalam perkembangan Islam di Negeri Tirai Bambu itu.

Dream - Meski bukan merupakan negara dengan mayoritas muslim, Tiongkok memiliki keterkaitan yang erat dengan sejarah perkembangan Islam di dunia. Salah satu buktinya adalah keberadaan sebuah masjid bernama Xi'an di Kota Chang'an, Tiongkok.



Masjid Xi'an merupakan masjid terbesar dan tertua di sana. Masjid ini berdiri sejak abad ke-8 masehi dan merupakan masjid pertama di Tiongkok. Ini membuatnya menjadi salah satu saksi sejarah tertua dalam perkembangan Islam di negeri tirai bambu.

Menurut sejarahnya, Masjid Xi'an dibangun atas prakarsa Laksamana Cheng Ho. Masjid ini terbilang unik karena bentuk bangunannya lebih menyerupai kuil daripada bangunan masjid pada umummnya. Karena itu pula masjid ini sering disebut-sebut sebagai salah satu masjid dengan arsitektur paling unik di dunia. Pada tahun 1988, pemerintah setempat menetapkannya sebagai salah satu bangunan bersejarah terpenting di Tiongkok.

Saat melihat Masjid Xi'an, sekilas akan nampak seperti sebuah kuil tradisional China yang lengkap dengan paviliun, halaman dan pagoda. Akan tetapi, ciri khas Islam akan kentara manakala Anda melihat hiasan-hiasan figuratif berupa kaligrafi Arab di sekelilingnya.

Masjid ini memiliki tiga tingkat ruang yang dilindungi atap berwarna biru tosca, berhiaskan ukiran berpola rumput dan bunga-bungaan. Bagian terbesar dari masjid Xi'an berada pada ruang salat. Ruang salatnya dapat menampung hingga 1.000 jamaah.

Hingga kini, masjid tertua di Tiongkok itu masih difungsikan sebagai tempat ibadah kaum muslimin dari Suku Hui di kota Chang'an.























Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !


Demikianlah Artikel Berkunjung Ke Masjid Xi'an, TERBESAR dan TERTUA, saksi sejarah Islam di CHINA

Sekianlah artikel Berkunjung Ke Masjid Xi'an, TERBESAR dan TERTUA, saksi sejarah Islam di CHINA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berkunjung Ke Masjid Xi'an, TERBESAR dan TERTUA, saksi sejarah Islam di CHINA dengan alamat link https://portal-iislam.blogspot.com/2017/02/berkunjung-ke-masjid-xian-terbesar-dan.html

Subscribe to receive free email updates: