Cak Nun: Kalau Indonesia Bukan Negara Agama, Apa Gunanya Sila Ketuhanan ?

Cak Nun: Kalau Indonesia Bukan Negara Agama, Apa Gunanya Sila Ketuhanan ? - Hallo sahabat PORTAL ISLAM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cak Nun: Kalau Indonesia Bukan Negara Agama, Apa Gunanya Sila Ketuhanan ?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Islam, Artikel Kabar, Artikel Muslim, Artikel Politik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cak Nun: Kalau Indonesia Bukan Negara Agama, Apa Gunanya Sila Ketuhanan ?
link : Cak Nun: Kalau Indonesia Bukan Negara Agama, Apa Gunanya Sila Ketuhanan ?

Baca juga


Cak Nun: Kalau Indonesia Bukan Negara Agama, Apa Gunanya Sila Ketuhanan ?

Cak Nun: Kalau Indonesia Bukan Negara Agama, Apa Gunanya Sila Ketuhanan


 Dalam sesi dialog dengan jamaah Majelis Maiyah Padhangmbulan, di Jombang Minggu (12/1) dini hari tadi, Cak Nun menegaskan, bahwa banyak cara berpikir yang salah kaprah diantara pejabat dan tokoh yang ada di negeri ini.

“Kalau ada orang Islam mau menggunakan haknya menjalankan syariat, langsung dicap sebagai pihak yang akan menghidupkan posisi Negara agama. Bagaiman ini ? Logikanya salah kaprah. Tidak paham apa itu agama. Bangsa ini sudah jelas menggunakan Sila Ketuhan yang Maha Esa, lha kalau tidak pakai pedoman agama, lantas pakai pedoman apa ? Apa gunanya Sila Ketuhan Yang Maha Esa “? Tanya Cak Nun.

“Logika sudah tidak karu-karuan. Apapun kalau tidak menguntungkan kelompoknya, akan dianggap salah. Dan melanggar. Ukurannya tidak jelas,” tambahnya.

Maka Cak Nun mengajak asah logika jamaah. “Saya coba secara sederhana saja. Kalau ada orang bilang, misalnya, pihak A  mengatakan harga ini Rp 70 ribu. Ini murah sekali. Sementara pihak B mengatakan harga ini Rp 50 ribu, ini yang murah. Coba perhatikan, sama-sama menggunakan kata MURAH, tetapi sudut pandangnya berbeda, “

Maka dalam konteks lain logika itu dipakai, Bahas NKRI atau Kebhinekaan, juga sama. Kelompok A mengatakan cinta NKRI, dan menyebut kelompok lain anti NKRI.

“Mereka mengaku paham kebhinekaan tetapu mereka menolak adanya kebhinekaan.  Parah kan.  Mengaku menjunjung tinggi kebhinekaan tetapi mereka menolak Islam,  lha Islam itu kan bagian besar dari bangsa ini sehingga disebut bhineka.”

Maka Cak Nun menilai, hari hari ini Islam itu selalu dibuat salah. Anehnya lagi, malahan banyak yang membuat Islam itu salah juga ada orang Islam itu sendiri, baik tokoh maupun pejabat. Karena mereka nyaman dengan kelompoknya, bekerja dan hidup dalam kelompoknya, tanpa sadar mereka merendahkan Islam.”  (Imam/DK)

Sumber : DK/MEPNews.id  [Sujanews.com]

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !


Demikianlah Artikel Cak Nun: Kalau Indonesia Bukan Negara Agama, Apa Gunanya Sila Ketuhanan ?

Sekianlah artikel Cak Nun: Kalau Indonesia Bukan Negara Agama, Apa Gunanya Sila Ketuhanan ? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cak Nun: Kalau Indonesia Bukan Negara Agama, Apa Gunanya Sila Ketuhanan ? dengan alamat link https://portal-iislam.blogspot.com/2017/02/cak-nun-kalau-indonesia-bukan-negara.html

Subscribe to receive free email updates: